TUGAS POKOK

 

- TUPOKSI KEPALA DINAS -

  1. Memimpin Dinas Bina Marga Kabupaten Lampung Tengah dalam rangka merumuskan program kerja berdasarkan peraturan yang berlaku sehingga mendapatkan hasil kerja yang maksimal;
  2. Mengkoordinasikan rumusan program kerja kepada para Kepala Bidang, Kepala Sub Bagian dan para Kepala Seksi berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku sehingga akan didapat hasil kerja yang maksimal;
  3. Merumuskan sasaran kebijakan Dinas Bina Marga sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku untuk mencapai program kerja yang ditetapkan;
  4. Merumuskan kebijakan teknis dan penetapan standar sebagai pedoman pelaksanaan kerja;
  5. Membina sikap mental pegawai Dinas Bina Marga untuk meningkatkan disiplin dan etos kerja sehingga tercapai sasaran program yang telah ditetapkan;
  6. Mengarahkan tugas bawahan dilingkungan Dinas Bina Marga sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing sehingga dapat tercapai kelancaran dan kenyamanan;
  7. Mengevaluasi pelaksanaan tugas ke Bina Marga guna pemecahan masalah dan tindak lanjutnya serta sebagai bahan laporan;
  8. Melaporkan kegiatan yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsinya kepada Bupati;
  9. Melaksanakan Koordinasi, Evaluasi dan Sinkronisasi perencanaan teknis kebinamargaan terhadap Musrenbang tingkat Kecamatan dan Kabupaten Lampung Tengah;
  10. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai dengan perintah atasan.

Sekretariat

  1. Sekretariat mempunyai tugas pemberian pelayanan teknis dan administratif kepada semua unsur di lingkungan Dinas Bina Marga dalam melaksanakan pembinaan administrasi yang meliputi perencanaan, ketatausahaan, dokumentasi dan informasi, kerumahtanggaan, kepegawaian, keuangan dan perlengkapan .
  2. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretariat mempunyai fungsi:
  • Perumusan rencana kerja Sekretariat Dinas Bina Marga sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  • Penyelenggaraan dan mengkoordinasikan perumusan penyusunan rencana program dan anggaran, serta pemantauan, evaluasi dan pelaporan di lingkungan Dinas Bina Marga;
  • Penyelenggaraan dan mengkoordinasikan pengelolaan urusan keuangan di lingkungan Dinas Bina Marga;
  • Penyelenggaraan dan mengkoordinasikan penataan organisasi dan tatalaksana, urusan hukum dan hubungan masyarakat di lingkungan Dinas Bina Marga;
  • Pelaksanaan dan mengkoordinasikan urusan kepegawaian, rumah tangga, perlengkapan, dan tatausaha di lingkungan Dinas Bina Marga;
  • Pengkoordinasian pelaksanaan program, pengumpulan,  pengolahan dan penyajian data serta informasi di lingkungan Dinas Bina Marga;
  • Pembinaan, pengarahan dan penyelenggaraan kegiatan serta mengevaluasi pelaksanaan tugas Sekretariat Dinas.

Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan

  1. Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas  ketatalaksanaan keuangan, perbendaharaan dan gaji, verifikasi akuntansi, rumah tangga, perpustakaan,   administrasi  umum, dan hubungan   masyarakat  serta  memberikan pelayanan administratif dan pengelolaan urusan keuangan.
  2. Rincian tugas Sub Bagian Keuangan adalah sebagai berikut:
  • Menyiapkan bahan dan penyusunan rencana pelaksanaan anggaran belanja;
  • Melaksanakan penatausahaan keuangan berupa penerimaan, penyimpanan, penyetoran, pembayaran, penyerahan dan pertanggungjawaban pengeluaran;
  • Menyiapkan bahan pelaksanaan verifikasi atas surat pertanggungjawaban pengeluaran;
  • Melaksanakan akuntansi;
  • Mengumpulkan/mengolah data keuangan untuk bahan penyusunan laporan keuangan;
  • Mencatat dan mengklarifikasi serta menindaklanjuti Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) pengawas fungsional;

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

  1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas melaksanakan urusan ketata usahaan, kepegawaian, perlengkapan, kerumahtanggaan, keprotokolan di lingkungan Dinas Bina Marga.
  2. Rincian tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian adalah sebagai berikut:
  • Melaksanakan dan menyiapkan kegiatan bahan surat menyurat;
  • Mengatur penyelesaian surat-surat dinas;
  • Mengatur penyediaan alat tulis kantor, penggunaan stempel dinas, operator telepon, faximile dan komputer, pengaturan dan pemeliharaan kendaraan dinas operasional;
  • Menyelenggarakan administrasi barang inventaris dan perlengkapan serta pengamanan barang-barang milik pemerintah;
  • Menyiapkan dan melaksanakan pemeliharaan gedung kantor, pemeliharaan dan pengadaan alat kantor;

BIDANG WILAYAH TIMUR

  1. Bidang Wilayah Timur mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Bina Marga di Bidang Perencanaan Teknis Wilayah Timur, Pembangunan, Peningkatan Jalan dan Jembatan serta Pemeliharaan Jalan dan Jembatan berdasarkan peraturan yang berlaku dan kebijakan yang titetapkan oleh Bupati;
  2. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Bidang Wilayah Timur  mempunyai fungsi:
  • Penyusunan rencana kerja pelaksanaan konstruksi, analisis data dan harga satuan pekerjaan pembangunan jalan dan jembatan;
  • Pelaksanaan penelitian dan pengkajian dokumen teknis pembangunan jalan dan jembatan di Bidang Wilayah Timur ;
  • Penyelenggara Kegiatan dan Memimpin Bidang Wilayah Timur Dinas Bina Marga sesuai dengan peraturan yang berlaku;
  • Pelaksanaan pemantauan dan pengendalian, pemeliharaan, rehabilitasi dan peningkatan jalan dan jembatan serta bangunan pelengkapnya dengan wilayah kerja meliputi : Kecamatan Bandar Mataram, Kecamatan Bumi Nabung, Kecamatan Rumbia, Kecamatan Seputih Banyak, Kecamatan Way Seputih, Kecamatan Putra Rumbia, Seputih Surabaya, Kecamatan Bandar Surabaya;
  • Pengkoordinasian pemantauan, pengendalian dan pengawasan tingkat pelayanan dan pelaksanaan terhadap infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah timur.

Seksi Perencanaan Teknis Wilayah Timur

  1. Seksi Perencanaan Teknis Wilayah Timur mempunyai tugas menyelengarakan sebagian tugas Dinas Bina Marga di bidang perencanaan pembangunan dan pemeliharaan Jalan, dan perencanan pembangunan dan pemeliharaan jembatan di Wilayah Timur.
  2. Rincian tugas Seksi Perencanaan Teknis Wilayah Timur adalah sebagai berikut:
  • Menyusunan program pembangunan jangka pendek jangka menengah dan jangka panjang di wilayah timur;
  • Membuat studi kelayakan Amdal, dan perencanaan teknis pembangunan, peningkatan dan pemeliharaan jalan dan jembatan wilayah timur;
  • Memonitoring evaluasi dan pelaporan wilayah timur;
  • Mengumpulkan pemutakhiran dan penyimpanan data bidang pembangunan, peningkatan dan pemeliharaan jalan dan jembatan wilayah timur;
  • Menyusunan laporan pertanggung jawaban berikutnya dengan kinerja dinas dan pelaksanaan program bidang pembangunan, peningkatan dan pemeliharaan jalan dan jembatan wilayah timur;
  • Mengevaluasi program kerja/tugas yang telah dilaksanakan serta membuat laporan sebagai bahan pertanggungjawaban dan masukan kepada atasan;

Seksi Pembangunan, Peningkatan Jalan dan Jembatan

  1. Seksi Pembangunan, Peningkatan Jalan dan Jembatan mempunyai tugas menyelenggarakan menyusun rencana kerja pelaksanaan konstruksi, analisis data dan penyiapan harga satuan, serta melaksanakan pengawasan dan pengendalian pelaksanaan pekerjaan pembangunan, peningkatan jalan dan Jembatan;
  2. Rincian tugas Seksi Pembangunan, Peningkatan Jalan dan Jembatan adalah sebagai berikut:
<


FUNGSI ORGANISASI